About

@smpn1cimahi@sman9bandung@geofisikaUGM |guitarist|songwriter|vocalist|defender|badmintonplayer |biker|dreamer|leader|organizer|geophysicist |videographer.Read more about me »

picture fadeaway

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit Featured Work

Keep in touch

RSS Feed Twitter Facebook

Subscribe via email

Dan masa lalu kita itu ...

Sunday, July 26, 2015 0 comments

Kami adalah generasi terakhir yang masih bermain di halaman rumah yg luas. 
Kami berlari dan bersembunyi penuh canda-tawa dan persahabatan
Main Petak Umpet, Boy-boynan, gobag sodor, Lompat tali, Masak-masakan, sobyong, jamuran, putri putri Melati tanpa peringatan dari Bpk Ibu. 
Kami bisa memanfaatkan gelang karet, isi sawo, kulit jeruk, batre bekas, sogok telik menjadi permainan yg mengasyikkan.
Kami yg tiap melihat pesawat terbang langsung teriak minta uang. 
Kami generasi yang ngantri di wartel dari jam 5 pagi, berkirim surat dan menanti surat balasan dengan penuh rasa rindu. 
Tiap malam jumat kami menunggu siaran cerita serem di radio, berkirim salam lewat penyiar radio. 
Kamilah generasi yang SD nya merasakan papan tulis berwarna hitam, masih pakai pensil dan rautan yang ada kaca di salah satunya. 
Kamilah generasi yang SMP dan SMA nya masih pakai papan tulis hitam dan kapur putih. 
Generasi yang meja sekolahnya penuh dengan coretan kejujuran kami melalui tulisan Tipe-X putih, generasi yang sering mencuri pandang teman sekolah yang kita naksir, kirim salam buat dia lewat temannya dan menyelipkan surat cinta di laci mejanya. hehehe 
Kami adalah generasi yang merasakan awal mula teknologi gadget komunikasi seperti pager, Komputer Pentium jangkrik 486 dan betapa canggihnya Pentium 1 66Mhz. 
Kami generasi yang sangat bangga kalau memegang Disket kapasitas 1.44Mb dan paham sedikit perintah Dos dengan mengetik copy, del, md, dir/w/p. 
Kami adalah generasi yang memakai MIRC untuk chatting dan Searching memakai Yahoo. 
Generasi bahagia yang pertama mengenal Nintendo, sega, Game watch yang belum berwarna. 
Generasi kamilah yang merekam lagu dari siaran radio ke pita kaset tape, yang menulis lirik dengan cara play-pause-rewind, dan memanfaatkan pensil utk menggulung pita kaset ya macet, kirim kirim salam ama temen2 lewat siaran radio saling sindir dan bla bla bla, generasi penikmat awal Walkman dan mengenal apa itu Laserdisc, VHS. Kamilah generasi layar tancap Misbar yang merupakan cikal bakal bioskop Twenty One. 
Kami tumbuh diantara para legenda cinta seprti KLA Project, Dewa 19, Padi, masih tak malu menyanyikan lagu Sheila on7, dan selalu tanpa sadar ikut bersenandung ketika mendengar lagu: mungkin aku bukan pujangga, yang pandai merangkai kata. 
Kami generasi bersepatu Warior dan rela nyeker berangkat sekolah tanpa sepatu kalau sedang hujan. 
Cupu tapi bukan Madesu. 
Kami adalah generasi yang bebas, bebas bermotor tanpa helm, yang punya sepeda, sepedanya disewain 200 rupiah /jam,bebas dari sakit leher krn kebanyakan melihat ponsel, bebas manjat tembok stadion, bebas mandi dikali disungai dll, bebas manggil teman sekolah dengan nama bapaknya. 
Bebas bertanggung jawab. 
Sebagai anak bangsa Indonesia, Kami hafal Pancasila, Nyanyian Indonesia Raya, maju tak gentar, Teks proklamasi, Sumpah Pemuda, Nama nama para Menteri kabinet pembangunan IV dan Dasadharma Pramuka dan Nama nama seluruh provinsi di Indonesia. 
Bersyukur bisa hidup dan pernah merasakan jaman itu.

:)

Eksplorasi Emas Sumbawa

Wednesday, July 22, 2015 0 comments

15 Juni 2015
Setelah pemanasan metode-metode geofisika di acaranya angkatan 2011, saya bertolak ke sumbawa. Perjalanan dimulai dari CGK - LOP dengan pesawat udara selama 1 jam 40 menit, dilanjutkan dengan pesawat ATR menuju pulau sumbawa selama 30 menit. Malamnya saya menginap di mess PAMA Sumbawa.

Bandara International Lombok

Hanya bisa menatap Gili dari udara :(




16 Juni 2015
Pukul 9 pagi kami sudah bertolak ke Desa Lebangkar, menggunakan Mobil Double gardan, sebelumnya kami mampir ke pasar untuk membeli sebagian logistik yg akan kami bawa ke lokasi. Perjalanan kesana kami ditemani oleh 2 orang TNI yang kebetulan akan berangkat untuk berjaga-jaga di lokasi Camp Eksplorasi, Namanya bapak Ainul Yakin, asli sumbawa dengan istrinya seorang muallaf berasal dari kota medan, yang kedua adalah bapak Daud, beliau asli NTT. 
Membutuhkan 5 jam perjalanan untuk sampai ke Desa Lebangkar, jalanan yang jelek membuat perjalanan begitu lama.

Savana!! dengan kuda yang berkeliaran

17 Juni 2015 !!!
Show time !! 
yup. yang digadang-gadang suasana tersulit dalam trip kali ini adalah perjalanan menuju lokasi Camp Eksplorasi yang sangat jauh, jarak datar sih hanya 8 km, namun perjalanan hari ini mencapai 17 km, dari elevasi 700 mdpl naik ke elevasi 1200 mdpl, lalu turun lagi ke elevasi 200 mdpl. 
capek.
rieut,
semaput,
tepar,
 entah kata-kata apalagi yang harus saya tuliskan untuk menggambarkan kondisi diatas, namun saya bersyukur, ada bang riston PAMA yang tidak meninggalkan saya saat itu, bapak daud sudah jauh entah dimana, tapi pak yakin tetap menunggu saya, juga pak jo beserta anaknya sebagai porter yang membawakan barang-barang kita. Mereka masih setia menemani perjuangan saya saat itu.




Rangkuman perjalanan hari ini !!

Touchdown @Mess Pangulir

Butuh 1 hari untuk hibernasi, malam harinya gabisa tidur !! kaki pegel pisan, entah berapa counterpain sudah teroleskan tapi tetep weh !!!

keseharian disana menggarap data magnetik, diskusi dengan geologist, juga tentang beberapa spot yang nilai magnetiknya tidak sesuai dengan harapan. saya tidak akan membahas itu disini, yang penting poto2 :D

mungkin inilah penyelamat kobosanan disana, WIFI !!! coba kalau tidak ada dia betapa sepinya hidup ini :)

Suasana dalam kamar, remang-remang tapi asik 

View dari dalam office

bersama Pak Daud yang baru menangkap seekor ular python sepanjang 4 meter

Movie Time !!! setiap malam sell say putter film, bank yang nonton, film Warkop tetep jadi favourite :)

Api unggun, Kopi, Gitar.. bersenandung melepas kepenatan dan rasa bosan :)

beberapa malam sekali pasti ada MIE TIME!! gak sehat tapi da gimana lagi kalau laper mah siapa yang nolak :)

Mess Pangulir :)

Suasana di office 
10 Juli 2015
Akhirnya hari itu tiba, hari dimana semua kegiatan disini berakhir menjelang libur hari raya, semua sumringah semua senang, kembali ke keluarga tercinta. Tapi masih ada satu perjuangan buat saya, yup.. kembali jalan jauh .. :(
pertama jalan sudah langsung nanjak, dari 200 mdpl ke 1200 mdpl. iyah .. iyah naik 1 kilometer coba !!!
HWAITING QOU!!!



iyah.. setelan saya beda dari yang lain :)

muka sumringah semua saat mau pulang

TIM Eksplorasi into

sekedar istirahat di sungai

Refill isi ulang alami dari mata air

Akhirnya sampe jugaaa. liat sawah senangnya minta ampyuun!!!

Minum kelapa muda, segernyaaa gara-gara dataran tinggi. udah dingin gaperlu pakai es :)

Sorenya saya mendapat kabar bahwa bandara lombok ditutup gegara abu Gunung Raung. Langsung hopeless semua, lalu kami naik mobil ke sumbawa dan bermalam disana.

11 Juli 2015
Kami memutuskan untuk naik Travel ke pulau lombok, capek sih tapi ...

sepanjang jalan menyusuri pinggir pantai utara sumbawa

Diets ferry menujulombok

kalau ini sih caption-nya sudah ada di foto :)
Foto underwater di Hotel, sekalian coba hp balu :)

12 Juli 2015
Alhamdulillah siang itu udara cerah, walau gunung rawung kembali membuat bandara ngurah rai di bali ditutup, tapi penerbangan di lombok lancar jaya. akhirnya kembali ke ibukota.

sekian trip saya kali ini, sangat berkesan, bertemu kawan baru, bertemu orang-orang baru. Bergabung dengan tim baru, dan saya tidak akan menolak jika disuruh kembali kesana :)

untuk saya liburan adalah pada saat di Job Site, pada saat mendapat tugas kantor. sedangkan cuti lapangan berarti pulang kerumah, bertemu orang tua, ataupun main ke jogja bertemu adik. 

Sampai ketemu di trip selanjutnya :)

Qoudar Ramdhani,
Burger King Buaran. 
20.31








Geophysics Field Camp 2015

Thursday, June 11, 2015 0 comments

Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Magelang.


12 hari.
yup waktu yang terasa sebentar karena kesibukan setiap harinya, dari jam 6 sampai dengan jam 24.00 setiap harinya. Bersyukur bisa menjadi bagian dari sejarah angkatan 2011.

terima kasih untuk ilmu, pengalaman, cerita, kenangan dan juga pelajaran dari acara ini.

:)


DEKADE #2

Saturday, May 2, 2015 0 comments

10 Tahun yang lalu..

Saya memutuskan untuk merantau, mencari ilmu menjadi mahasiswa dikota orang. Supaya lebih mandiri dan juga mendapatkan pengalaman baru.

Namun dibalik itu, 
Banyak resiko yang harus saya ambil, meninggalkan orang-orang tercinta dan juga Dia.

Kota Jogja,
buat saya seperti surga, Keindahan alamnya, ramah tamah warganya, kemurahan harga makanan disana, budayanya, cara menghargai orang lain dll.

Mau ke gunung, banyak. Mau ke pantai, deket! ada belasan pantai di laut selatan jogja.


satu dekade berlalu, yang paling saya rindukan tentu saja Rumah beserta anggota keluarga di dalamnya. Oleh karena itu, selama saya masih ada waktu kosong, libur panjang dari pekerjaan, saya lebih memilih untuk berada dirumah, karena dalam satu tahun mungkin dapat dihitung jari berapa lama saya ada dirumah. Sekedar membantu orang tua, sekedar makan bersama di ruang makan dengan ayah, ibu, dan adik. Belum lagi adik yang ikut merantau ke jogja sejak 4 tahun lalu.

Buat saya makanan ternenak adalah masakan ibu, tempat tidur paling nyaman adalah kasur kamar yang jarang saya tempati. Oleh karena itulah saya tidak butuh liburan kemanapun juga. yang saya butuhkan adalah pulang kerumah.

Bandung terlalu nyaman ditempati, tapi bandung bukan tempat untuk mencari nafkah buat saya. Berkeliling Indonesia demi menjalankan tugas kantor sudah menjadi liburan bagi saya.

Tentang hari ini,

sekali lagi saya merubah seorang teman dunia maya menjadi teman dunia nyata. terkadang suka nervous saat pertama kali bertemu dengan teman dumay, tapi terima kasih untuk hari ini ing, 
terima kasih sudah menambah cerita didalam diary ini.

Sekali lagi, dan lagi, tentang beratnya untuk kembali ke jakarta. Kembali ke kesibukan,macet,rudet dan ruwetnya kota itu, kembali lagi ke pekerjaan kantor, kembali ke sebuah tantangan baru yang saya dapatkan di kantor. 

Tapi dibalik itu semua,
selalu ada semangat dan rasa syukur atas pekerjaan yang masih saya punya, masih banyak diluar sana yang menjadi Job Hunter, belum lagi krisis di oil,gas juga mining dimana banyak karyawan di PHK. alhamdulillah saya masih bisa berada disini.

btw, terima kasih untuk cerita hari ini :)

at SMAN 9 Bandung

Saturday, April 18, 2015 0 comments

Satu Dekade.

iya. sudah 10 tahun saya lulus dari tempat ini, melanjutkan cerita di kota gudeg. Dengan secercah harapan dan juga cita-cita yang akan saya gapai di kota itu. Meninggalkan keluarga dan juga seseorang tercinta. Walau 2 bulan kemudian kisah itu harus berakhir.

when all memories start to rise again.

saat semua kenangan tercipta disini, entar berapa banyak cerita selama 3 tahun yang saya buat disini. 1F, 2A dan 3IPA1. semua terkisah disana, bersama rekan-rekan OSIS dan juga sepakbola.

mungkin soundtrack-nya mocca "i remember" terngiang saat ini. 

ahh .. sudahlah. tempat ini sudah menjadi rumah kedua saya. dan saya akan selalu kembali ke tempat ini saat saya lagi di bandung.



:)

Sunday Evening

Tuesday, March 10, 2015 0 comments

Sore di hari mingu ..

Sehari menjelang kesibukan berjalan lagi
sore itu,
selama 3 minggu menjadi terasa indah
betapa berat meninggalkan setiap sorenya
apalagi mengingat senin pagi yang hampir semua orang tidak menyukainya
terkadang berusaha untuk menikmatinya
menikmati sebuah kebersamaan

tapi ..
terkadang harus menatap esok hari yg berat sambil menunggu libur datang lagi
namun..

dibalik beratnya menghadapi senin pagi
ada rasa syukur yg besar dalam diri
bersyukur masih dapat bekerja dan mendapat nafkah
disaat ada yg lain masih mencari-cari pekerjaan.

semua terasa berat saat akhirnya ditugaskan meninggalkan jakarta
iya jakarta,
kota yang dimana banyak yang tidak merasa nyaman
kota yang aku pernah tidak mau untuk tinggal disana
tapi setelah hampir 6 bulan tanpa pergi dari kota ini

setelah saat ini mulai merasakan nyamannya kota ini
ada dia, ada teman-teman yg membuat nyaman.
ditengah kemacetan,banjir panas sumpek.

selalu ada cerita disana

:)

thnx for the memories ..

February 8th, 2015

Sunday, February 8, 2015 0 comments

Sore ini ..
seperti biasa nongkrong di Burger King Buaran, entah kenapa saya cinta tempat ini untuk sekedar nongkrong, online .. atau menyendiri. aku gak suka keramaian, dibandingkan McD yang ada di sebelah, BK ini cenderung lebih sepi.. namun ini yang paling aku sukai, nongkrong lama-lama tidak perlu segan dengan pengunjung yang tidak begitu padat untuk mencari kursi kosong. Maklum aku sering ga enakeun terhadap orang yang membutuhkan, aku selalu menghargai hak dan kewajiban semua orang. 

Hujan. . .
yup. seprti biasa di awal tahun ini jakarta dan juga kota besar indonesia lainnya dilanda hujan, ada yang mencaci maki di medsos akan banjir yang terus melanda, atau juga kemacetan yang ditimbulkan setelah hujan itu datang. Namun, adakah yang tahu jika hujan adalah salah satu anugerah dari Yang Maha Kuasa? sebetulnya tidak ada cuaca buruk, semua tergantung bagaimana kita menyikapinya. 

Teman, 
akhir-akhir ini saya sering hangout dengan seorang teman,adik angkatan yang sedang berjibaku mencari kerja di ibukota, berjalan mengarungi kerasnya ibukota. mungkin ada yang bilang aneh, atau gak ada kerjaan waktu nganter dia kerumah saudaranya yang sangat jauuuh disana. Namun, banyak hikmah yang aku ambil dari beberapa hari bersamanya, dengan itu, saya bisa mengetahui jalur depok-cibubur-pondok gede, 2 tahun lalu, saya benar2 tersasar disana! saat melaju motor saya dari bandung-cibubur-depok-bolak-balik, akhirnya tembus jatiwaringin. perjalanan bandung-jakarta waktu itu memakan waktu7 jam!! aku belajar untuk menghargai seseorang, aku selalu berusaha membantu teman dengan ikhlas. Itu yang selalu diajarkan oleh mentor saya sewaktu kecil. 

Entah,
dan entah mengapa, dari sejak saya SMP,SMA juga kuliah. saya selalu nyaman dengan teman wanita yang berbeda agama, banyak bertukar pikiran tentang semua aspek kehidupan. tanpa celah apapun.

Karena kita berbeda, dan kita tak akan pernah satu, hal ini yang membuat aku nyaman, tanpa takut jatuh hati kepadanya
entah mengapa ada orang yang mengkotak-kotakan perbedaan, seperti perbedaan itu hal yang harus dijauhi. Aku pernah menjadi seorang pemimpin, baik saat sekolah ataupun kuliah. Disana aku selalu untuk berusaha adil terhadap semuanya. Di lingkungan sekolah saya tidak mempunyai teman dekat, semua teman di sekolah saya anggap yang terbaik, saya anggap teman dekat, baik yang kaya, miskin, tua, muda, cantik atau biasa, semua saya anggap sama. Saya sekarang banyak sekali gap-gap an. Jurang antara miskin dan kaya sangat terasa, yang kaya jarang bergaul dg yang biasa saja. Begitupun dengan guru-guru, saat saya sudah alumni,  lalu masuk ke ruang guru, semua guru saya salamin, saya ngobrol satu-persatu dengan semuanya. gak ada yg benar-benar spesial, karena semua saya anggap special. Pada saat kuliahpun begitu, saya bersyukur mempunyai angkatan yang kompak, angkatan yang bersatu teguh dan sangat menghilangkan perbedaan, yang kaya membantu yang kurang mampu, begitupun sebaliknya. Semua bergaul tanpa ada jurang pemisah, pada saat kita selesai kuliah kita nongkrong bareng semua di kantin, kalau mau keluar nongkrong pasti ngajak semua. Hal yang saya jarang termukan di mahasiswa jaman sekarang. 

Waktu,
Mungkin itu yang saga tidak punya saat ini, jujur saya menyesal tidak kuliah dengan benar, kuliah hampir 6 tahun sungguh mengecewakan kedua orang tua saya, sekarang saya benar-benar bekerja keras untuk membahagiakan mereka, dan waktu untuk .. hmm.. iyah bu, yah .. sekarang akan benar-benar serius untuk masuk kedalam tahap kehidupan selanjutnya. 

Sekian cerita hari ini.

bahagia dirimu ceria hidupku.

:)




2015

Thursday, January 1, 2015 0 comments

31 Desember 2014


SOre itu human lebat, bahkan sangat lebat pada saat pulang kantor, namun tidak menyurutkan hati saya untuk bertemu teman-teman kuliah dan merayakan tahun baru dirumah aji. 
47 Km jarak yang ditempuh, walau lelah namun semua terbayarkan oleh obrolan santay, main PES juga main gitar sambil nonton Film.

masih sama seperti malam tahun baru sebelumnya, alhamdulillah masih bisa bersama mereka walaupun sudah ada yang berkeluarga tapi tetap bisa kumpul. 

alhamdulillah, 2015. semoga target menikah tahun ini dapat terlaksana dengan lancar, begitu kudoakan.

amin.

:)

Injury Time

Saturday, November 29, 2014 0 comments

mungkin itu kata-kata yang tepat untuk saya saat ini.
sekedar sejenak ingin menikmati saat-saat kesendirian ini.
terdiam, tersipu, tanpa beban, tanpa masalah. semua ditanggung sendiri.

pergi kemanapun yang kita suka, tanpa arah tujuan. semua dinikmati apa adanya.

pilihan?

terkadang sulit, memilih ini itulah, mau dibawa kemana kedepannya, hidup dimana, beli ini itu, siapin ini itu, gimana kerjaannya, mau pake apa, tinggal dimana ...

namun kalau dipikir lebih bijak, 
ini gak serumit yang dibayangkan, hanya tinggal mengucapkan aku cinta kamu, dan jalanin semua apa adanya sesuai dengan kemampuan.

simple kan? 

mencoba berbicara dengan diri sendiri. mencoba meyakinkan diri sendiri,
tentang apa dan siapa, juga bagaimana kedepannya.
malam ini lumayan kelam, namun kucoba untuk mencerahkannya.
masih ada cinta diujung jalan, menanti untuk ditemukan.
masih ada secercah harapan, menanti untuk didapatkan.
masih ada dirinya yang entah siapa, menanti untuk kupinang ...

masih ada,, iya masih ada :)




PASSION

Saturday, October 18, 2014 0 comments



Aku sendiri tidak tahu passion apa yang saya punya, saya mencintai banyak hal, semua sama, semua special, dan semua biasa saja. Sama seperti teman, saya tidak punya teman yang benar-benar special. Semuanya saya anggap special, dari kecil saya tidak punya sahabat yang benar-benar spesial. Tidak ada juga guru atau dosen yang paling spesial. Itulah mengapa saya dikenal gampang dekat dengan semua orang, dari suku, ras, kaya atau miskin, dari direktur sampai cleaning service semua saya kenal.