Skip to main content

Eksplorasi Emas Sumbawa

15 Juni 2015
Setelah pemanasan metode-metode geofisika di acaranya angkatan 2011, saya bertolak ke sumbawa. Perjalanan dimulai dari CGK - LOP dengan pesawat udara selama 1 jam 40 menit, dilanjutkan dengan pesawat ATR menuju pulau sumbawa selama 30 menit. Malamnya saya menginap di mess PAMA Sumbawa.

Bandara International Lombok

Hanya bisa menatap Gili dari udara :(

16 Juni 2015
Pukul 9 pagi kami sudah bertolak ke Desa Lebangkar, menggunakan Mobil Double gardan, sebelumnya kami mampir ke pasar untuk membeli sebagian logistik yg akan kami bawa ke lokasi. Perjalanan kesana kami ditemani oleh 2 orang TNI yang kebetulan akan berangkat untuk berjaga-jaga di lokasi Camp Eksplorasi, Namanya bapak Ainul Yakin, asli sumbawa dengan istrinya seorang muallaf berasal dari kota medan, yang kedua adalah bapak Daud, beliau asli NTT.
Membutuhkan 5 jam perjalanan untuk sampai ke Desa Lebangkar, jalanan yang jelek membuat perjalanan begitu lama.

Savana!! dengan kuda yang berkeliaran

17 Juni 2015 !!!
Show time !!
yup. yang digadang-gadang suasana tersulit dalam trip kali ini adalah perjalanan menuju lokasi Camp Eksplorasi yang sangat jauh, jarak datar sih hanya 8 km, namun perjalanan hari ini mencapai 17 km, dari elevasi 700 mdpl naik ke elevasi 1200 mdpl, lalu turun lagi ke elevasi 200 mdpl.
capek.
rieut,
semaput,
tepar,
 entah kata-kata apalagi yang harus saya tuliskan untuk menggambarkan kondisi diatas, namun saya bersyukur, ada bang riston PAMA yang tidak meninggalkan saya saat itu, bapak daud sudah jauh entah dimana, tapi pak yakin tetap menunggu saya, juga pak jo beserta anaknya sebagai porter yang membawakan barang-barang kita. Mereka masih setia menemani perjuangan saya saat itu.

Rangkuman perjalanan hari ini !!

Touchdown @Mess Pangulir

Butuh 1 hari untuk hibernasi, malam harinya gabisa tidur !! kaki pegel pisan, entah berapa counterpain sudah teroleskan tapi tetep weh !!!

keseharian disana menggarap data magnetik, diskusi dengan geologist, juga tentang beberapa spot yang nilai magnetiknya tidak sesuai dengan harapan. saya tidak akan membahas itu disini, yang penting poto2 :D

mungkin inilah penyelamat kobosanan disana, WIFI !!! coba kalau tidak ada dia betapa sepinya hidup ini :)

Suasana dalam kamar, remang-remang tapi asik

View dari dalam office

bersama Pak Daud yang baru menangkap seekor ular python sepanjang 4 meter

Movie Time !!! setiap malam sell say putter film, bank yang nonton, film Warkop tetep jadi favourite :)

Api unggun, Kopi, Gitar.. bersenandung melepas kepenatan dan rasa bosan :)

beberapa malam sekali pasti ada MIE TIME!! gak sehat tapi da gimana lagi kalau laper mah siapa yang nolak :)

Mess Pangulir :)

Suasana di office
10 Juli 2015
Akhirnya hari itu tiba, hari dimana semua kegiatan disini berakhir menjelang libur hari raya, semua sumringah semua senang, kembali ke keluarga tercinta. Tapi masih ada satu perjuangan buat saya, yup.. kembali jalan jauh .. :(
pertama jalan sudah langsung nanjak, dari 200 mdpl ke 1200 mdpl. iyah .. iyah naik 1 kilometer coba !!!
HWAITING QOU!!!

iyah.. setelan saya beda dari yang lain :)

muka sumringah semua saat mau pulang

TIM Eksplorasi into

sekedar istirahat di sungai

Refill isi ulang alami dari mata air

Akhirnya sampe jugaaa. liat sawah senangnya minta ampyuun!!!

Minum kelapa muda, segernyaaa gara-gara dataran tinggi. udah dingin gaperlu pakai es :)

Sorenya saya mendapat kabar bahwa bandara lombok ditutup gegara abu Gunung Raung. Langsung hopeless semua, lalu kami naik mobil ke sumbawa dan bermalam disana.

11 Juli 2015
Kami memutuskan untuk naik Travel ke pulau lombok, capek sih tapi ...

sepanjang jalan menyusuri pinggir pantai utara sumbawa

Diets ferry menujulombok

kalau ini sih caption-nya sudah ada di foto :)
Foto underwater di Hotel, sekalian coba hp balu :)

12 Juli 2015
Alhamdulillah siang itu udara cerah, walau gunung rawung kembali membuat bandara ngurah rai di bali ditutup, tapi penerbangan di lombok lancar jaya. akhirnya kembali ke ibukota.

sekian trip saya kali ini, sangat berkesan, bertemu kawan baru, bertemu orang-orang baru. Bergabung dengan tim baru, dan saya tidak akan menolak jika disuruh kembali kesana :)

untuk saya liburan adalah pada saat di Job Site, pada saat mendapat tugas kantor. sedangkan cuti lapangan berarti pulang kerumah, bertemu orang tua, ataupun main ke jogja bertemu adik.

Sampai ketemu di trip selanjutnya :)

Qoudar Ramdhani,
Burger King Buaran.
20.31

Popular posts from this blog

dear love ..

Dear Love now..i'm stuck..i can't fool my self..i'm in love w u like it or not, u have to deal w it.. thx to u.. i can't sleep well since yesterday and forward thx to u.. i can't breath well everytime i think of u and thx to u.. i have the worst broken hearted.. twice since the day i'm in love with u.. that's okay, i will do it again..and again..and again..to love u when i get the chance.. if one day i broke up w my gfriend it's always because of u.. cuz nothing can make me leave him if it's not because .. of u ..only u.. juz don't stop loving me..cuz i never can't stop loving u in this emptiness.. thats killin' me tonight i feel so alone.. w.out u by my side and i'm wondering.. will u find someone else i just hate my self.. to think u all the time and i hope u come back fast now i need u around well i hope u come back fast now one more time i hope u come back fast now i need around i woke up from my nightmare hope u laying next to me

PENGAMEN JALANAN - ADZAN TELAH BERKUMANDANG

*** Ternyata begitu berat Jalankan sgala printah-Mu Begitu banyak rintangan Tuk menghadapkan wajah ke hadirat-Mu Tuhan Indahnya, dunia ini Membuat aku terlena Bekerja terus bekerja Tak kenal waktu dan tak kenal lelah Gema adzan subuh, aku lelap tertidur Gema adzan dhuhur, aku sibuk bekerja Gema adzan ashar, aku geluti dunia Tuhan, pantaskah sorga untukku Gema adzan maghrib, aku di perjalanan Gema adzan isya’, lelah tubuhku Tuhan Tak pernah lagi kubaca firman-Mu Tak ada waktu buat sujud kepada-Mu Begitu besar kasih dan sayang-Mu Begitu banyak limpahan karuniamu Aku yang sombong dan aku yang lalai Tuhan, pantaskah sorga untukku Petikan lirik dari salah satu lagu pengamen jalanan, pertama kali denger di bis kota saat ngantor di ibukota, saat bulan ramadhan. begitu menyayat hati, begitu menyentuh hati.. Mari kita renungkan, mari kita introspeksi diri, dari keseharian sibuknya kita kerja, sempatkah kita untuk beribadah kepada-Nya ? Terima kasih pengamen jalanan itu mengingatkan kita semua,